ANALISA SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKU
PADA PT.CULINA GARNETA
JAKARTA
LAPORAN
KULIAH KERJA PRAKTEK
Diajukan Untuk Memenuhi Mata Kuliah APSI Pada Program Diploma III
Disusun
Oleh :
1. VIDI (
111135xx )
2. WINDRI ( 111139xx )
3. RINI ( 111140xx )
4. EVI ( 111118xx )
5. MESYA ( 111119xx )
Jurusan Komputerisasi
Akuntansi
Akademi
Manajemen Bina Sarana Informatika
Jakarta
2012
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Kuliah kerja praktek ini telah disetujui dan
disahkan serta diizinkan untuk dinilai pada periode : Tahun Akademik 2012
di Semester Tiga
DOSEN PEMBIMBING
Kelas 11.3D.07
M. Haddiel Fuad
PENILAI LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Kuliah Kerja Praktek ini telah dinilai pada tanggal...................................................
PENILAI
( ................................................ )
Saran-saran dari penilai :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan karunia-Nya,
sehingga kami dapat menyelesaikan
tugas laporan kerja praktek ini dengan baik. Adapun judul penulisan laporan
kuliah kerja praktek yang kami ambil adalah sebagai berikut :
“Sistem Pembelian Bahan
Baku Pada PT. Culina Garneta”
Kami menyadari bahwa dalam
menyelesaikan Laporan KKP ini tidak
lepas dari bantuan berbagai pihak secara langsung maupun tidak langsung,
maka pada kesempatan ini kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak -pihak yang telah membantu sehingga
penyusunan Laporan KKP ini dapat terselesaikan.
Kami
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan Laporan KKP ini masih terdapat
kekurangan baik dalam hal penulisan, pembahasan, susunan laporan, tata bahasa
maupun material yang disajikan. Oleh karena itu kami akan selalu menerima kritik dan saran
yang membangun demi kesempurnaan Laporan KKP ini agar dapat lebih bermanfaat bagi
semua pihak.
Akhirnya kami berharap Laporan KKP ini dapat
bermanfaat bagi kami khususnya,
dan bagi para pembaca yang berniat pada umumnya.
Atas dukungannya diucapkan terima kasih.
Jakarta, 10 Desember 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Cover ......................................................................................................................
Persetujuan
Dan Pengesahan Laporan Kuliah Kerja Praktek
................................ ii
Penilai
Laporan Kuliah Kerja Praktek
.................................................................. iii
Kata
Pengantar
......................................................................................................
iv
Daftar Isi
...............................................................................................................
v
Daftar
Simbol
.......................................................................................................
vii
Daftar
Gambar
....................................................................................................
viii
Daftar
Tabel
..........................................................................................................
ix
Daftar Lampiran
.....................................................................................................
x
BAB
I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
....................................................................................
1
1.2.
Maksud dan Tujuan .............................................................................
2
1.3.
Metode Penelitian
...............................................................................
2
1.4.
Ruang Lingkup
....................................................................................
2
1.5.
Sistematika Penulisan
......................................................................... 3
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1. Konsep Dasar Sistem
..........................................................................
4
2.1.1. Pengertian Sistem
................................................................. 4
2.1.2. Karakteristik
Sistem
............................................................. 5
2.1.3. Pengertian
Informasi ............................................................
6
2.1.4. Kualitas
Informasi
................................................................ 6
2.1.5. Pengertian
Sistem Informasi
................................................ 7
2.1.6.
Komponen Sistem Informasi
............................................... 7
2.1.7.
Pengertian Analisa Sistem
................................................... 8
2.1.8.
Pengertian Pembelian
........................................................... 9
2.2.
Peralatan
Pendukung (Tools System)
............................................ 10
BAB
III ANALISA SISTEM BERJALAN
3.1.
Data Perusahaan
.............................................................................
17
3.2.
Tinjauan
Perusahaan
......................................................................
18
3.2.1.
Sejarah Perusahaan
............................................................ 18
3.2.2.
Struktur Organisasi dan Fungsinya
.................................... 20
3.3.
Prosedur
Sistem Berjalan
............................................................... 25
3.3.1. Prosedur Order
Pembelian
................................................. 25
3.3.2.
Prosedur Penerimaan Barang
............................................. 25
3.3.3. Prosedur Pembayaran
Hutang ............................................
26
3.3.4.
Prosedur Pembuatan Laporan
............................................ 26
3.4. Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan ...................................
27
3.4.1.
Diagram Konteks
...............................................................
27
3.4.2. Diagram Nol
....................................................................... 28
3.4.3.
Diagram Detail ...................................................................
29
3.5. Kamus Data Sistem Berjalan
......................................................... 33
3.6. Spesifikasi Sistem Berjalan
............................................................
46
3.6.1 Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan .............................
46
3.6.2.
Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
............................. 48
3.7. Permasalahan
.................................................................................
50
3.8. Alternatif Pemecahan
Masalah
......................................................
50
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
.....................................................................................
51
4.2 Saran ................................................................................................ 52
Daftar Pustaka
...................................................................................................... 53
Daftar Riwayat Hidup
..........................................................................................
54
Surat Keterangan PKL/Riset
................................................................................
59
Lampiran
..............................................................................................................
60
DAFTAR SIMBOL
Simbol – simbol
yang digunakan :
Eksternal Entity
Simbol yang digunakan
untuk menggambarkan asal/tujuan data. Merupakan lingkungan sistem, berupa Departemen, Organisasi,
sekelompok orang yang terlibat dalam sistem. Berikan label/nama di dalam entity tersebut.
Proses
Digunakan
untuk proses pengolahan atau transformasi data.
Kegiatan yang dilakukan oleh
organisasi/perusahaan, kelompok orang, mesin/komputer dari hasil suatu arus data.
Data Flow
Untuk menggambarkan aliran data yang berjalan. Mengalir diantara proses, data store dan external entity. Dapat berupa masukan untuk sistem atau keluaran
dari proses sistem.
Data Store
Untuk
menggambarkan data flow yang sudah
disimpan/ diarsipkan.
DAFTAR GAMBAR
Gambar III.1
Struktur Organisasi PT.Culina Garneta
.......................................... 20
Gambar III.2 Diagram Konteks Sistem Berjalan
................................................. 27
Gambar III.3 Diagram Nol Sistem Berjalan
........................................................ 28
Gambar III.4 Diagram Detail 1.0 Sistem Berjalan
............................................... 29
Gambar III.5 Diagram Detail 2.0 Sistem Berjalan
............................................... 30
Gambar III.6 Diagram Detail 3.0 Sistem Berjalan
............................................... 31
Gambar III.7 Diagram Detail 4.0 Sistem Berjalan
............................................... 32
DAFTAR TABEL
Tabel II.1 Notasi Tipe Data ….............................................................................. 15
Tabel II.2 Notasi Struktur Data …........................................................................ 16
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
III.A Surat Jalan
...................................................................................
60
Lampiran
III.B Faktur
......................................................................................... 61
Lampiran
III.C Kwitansi ......................................................................................
62
Lampiran
III.D Purchase Order
........................................................................... 63
Lampiran
III.E Bukti Setor ..................................................................................
64
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di masa yang serba cepat ini,
penggunaan komputer dan sistem-sistemnya sudah menjadi kebutuhan yang utama dalam
rangka meningkatkan kinerja suatu Perusahaan. Setiap proses manual dari perusahaan
dapat digantikan oleh komputer karena penyediaan informasi yang lebih canggih serta
dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen.
Namun pada kenyataannya masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem
yang belum terkomputerisasi dengan baik. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya
pengetahuan pegawai mengenal hubungan manajemen perusahaannya dengan sistem komputer.
Dengan menggunakan komputer,
perusahaan dapat melakukan proses penyimpanan data dengan mudah dan cepat,
karena tingkat kecepatan dan penyimpanan data pada komputer lebih aman dan rapi,
sehingga mudah menemukan kembali data yang diinginkan. Untuk itu kami mencoba membahas
ruang lingkup yang kecil dalam sistem pembelian. Sehubungan dengan hal tersebut,
maka kami mengambil judul: “SISTEM PEMBELIAN
BAHAN BAKU PADA PT.CULINA GARNETA DI JAKARTA”.
1.2
Maksud dan Tujuan
Dalam
menyusun Laporan KKP ini ada beberapa macam
maksud dan
tujuan yang ingin dicapai, adapun maksud dan tujuan tersebut adalah :
1. Untuk
menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang penulis dapat dari mata
perkuliahan pada Bina Sarana Informatika jurusan Komputerisasi Akuntansi.
2.
Untuk melatih penulis agar mampu
menganalisa dan menggambarkan Sistem Informasi pada PT.Culina Garneta.
3.
Untuk mengetahui lebih jelas
mengenai sistem pembelian bahan baku pada PT.Culina Garneta.
4. Untuk
menambah pengetahuan serta wawasan mengenai sistem pembelian bahan baku di
PT.Culina Garneta.
1.3 Metode Penelitian
Metode pengumpulan data
dalam penyusunan Laporan KKP ini adalah :
1. Interview yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan
cara melakukan wawancara atau tanya jawab dengan pihak yang terkait dalam
perusahaan.
2. Riset
Perusahaan yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung
pada perusahaan dan memanfaatkan data
yang telah diperoleh dari pihak perusahaan.
1.4 Ruang Lingkup
Agar
dalam menyusun Laporan KKP ini tidak menyimpang dari permasalahan maka ruang lingkup pembahasan hanya terbatas
pada sistem dan prosedur pembelian bahan baku pada PT.Culina Garneta.
1.5
Sistematika Tulisan
Dalam
sistematika penulisan KKP ini penulis membaginya menjadi beberapa bab
diantaranya sebagai berikut :
BAB I
: PENDAHULUAN
Bab ini berisikan penjelasan
umum tentang alasan pemilihan judul, maksud dan tujuan
penulisan, metode penelitian yang digunakan, ruang lingkup dan sistematika
penulisan.
BAB
II : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang konsep
dasar dari sistem yang dibahas serta memberikan penjelasan tentang
peralatan( tools) pendukung perencanaan sistem.
BAB
III : ANALISA SISTEM
BERJALAN
Bab ini berisikan umum, tinjauan perusahaan yang
terdiri dari sejarah perusahaan dan struktur organisasi dan fungsi, prosedur
sistem berjalan ,diagram alir data sistem berjalan, kamus data sistem berjalan,
spesifikasi sistem berjalan yang terdiri
dari spesifikasi bentuk dokumen masukan, spesifikasi bentuk dokumen
keluaran, spesifikasi file, struktur kode, spesifikasi program, permasalahan,
dan alternatif pemecahan masalah.
BAB IV
: PENUTUP
Bab ke empat
merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dan koreksi dari hasil
penulisan disertai saran–saran dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh
penulis.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Konsep Dasar
Sistem
2.1.1 Pengertian Sistem
Sistem adalah sesuatu yang memiliki bagian – bagian
yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam Buku Analisa dan
Design karangan Jogiyanto, ada dua buah kelompok pendekatan dalam
mendefinisikan sistem sebagai berikut :
“Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari
prosedur – prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”
menurut Jogiyanto (2005:1)
Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada
elemen atau komponennya, mendefinisikan sistem sebagai berikut : “Sistem adalah
kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan
tertentu” menurut Jogiyanto ( 2005:2 )
2.1.2 Karakteristik Sistem
Untuk
membedakan dan mengembangkan suatu sistem,berikut adalah karasteristik sistem
yang dapat membedakan suatu
sistem
dengan sistem lainnya :
1.
Komponen (components)
Terdiri dari sejumlah komponen yang
saling berinteraksi, bekerjasama
membentuk
suatu kesatuan.
2.
Batas sistem (boundary)
Merupakan daerah yang membatasi antara
suatu sistem dengan
sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya,menunjukkan ruang lingkupnya (scope)
dari sistem tersebut.
3.
Lingkungan luar sistem (environments)
Merupakan apapun diluar batas dari
sistem yang mempengaruhi
operasi sistem.
4.
Penghubung (interface)
Merupakan media penghubung antar
subsistem, yang memungkinkan
sumber- sumber daya mengalir dari suatu subsistem ke sub sistem lainnya.
5.
Masukan (input)
Adalah energi yang dimasukkan ke dalam
sistem, dapat berupa masukan
perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal(signal input).
6.
Keluaran (output)
Adalah hasil energi yang diolah dan
diklasifikasikan menjadi
keluaran
yang berguna dan sisa pembuangan.
7.
Pengolah (process)
Suatu sistem dapat mempunyai bagian
pengolah yang akan merubah
masukan menjadi keluaran.
8.
Sasaran (objective) atau
tujuan (goal)
Suatu
sistem dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran dan tujuannya.
2.1.3 Pengertian Informasi
Informasi
adalah hasil pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi
penerimanya yang menggambarkan suatu
kejadian
- kejadian nyata dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan
keputusan. Komponen terpenting dariinformasi adalah data. Antara data dan
informasi terdapat perbedaan,
data belum memiliki suatu nilai sedangkan informasi sudah memiliki nilai.
2.1.4 Kualitas Informasi
Kualitas
Informasi adalah sebuah nilai informasi yang bisa membantu manajer
mengambil keputusan untuk mewujudkan
tercapainya
tujuan.
Kualitas
informasi sangat dipengaruhi beberapa hal yaitu :
1. Akurat
Informasi
yang disajikan terbebas dari kesalahan - kesalahan, hal-hal yang bias atau
rancu yang menyesatkan
maupun yang membingungkan bagi
user.
2. Relevan
Informasi
yang disajikan mempunyai manfaat untuk pemakainya.
3. Tepat
waktu
Informasi
yang disampaikan tidak mengalami keterlambatan atau tidak usang diterima oleh
user.
2.1.5 Pengertian Sistem Informasi
Sistem
informasi adalah sistem yang mempertemukan transaksi-transaksi
yang mendukung aktivitas operasional baik yang bersifat managerial (internal)
maupun yang bersifat strategi
(eksternal)
sehingga dihasilkan laporan-laporan tertentu baik untuk kepentingan bagian
dalam maupun bagian luar. Tujuan dari sistem informasi adalah untuk
membantu/ mendukung seluruh kegiatan
manajerial
organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.
Tujuan Sistem Informasi :
1.
Menyediakan informasi untuk membantu
pengambilan keputusan manajemen
2.
Membantu petugas didalam
melaksanakan operasi perusahaan dari hari ke hari
3.
Menyediakan informasi yang layak
untuk pemakai pihak luar perusahaan
2.1.6
Komponen
Sistem Informasi
1. Input
Adalah
bagian yang menampung atau menerima data untuk siap diolah pada proses
pengolahan.
1. Model
Adalah
bagian yang mengolah data untuk dimodifikasi sedemikian rupa dari
data yang
sudah dipersiapkan.
2. Output
Adalah
bagian yang menerima hasil olahan pada proses dari data yang sudah
dipersiapkan.
3. Database
Adalah
tempat untuk menyimpan seluruh data baik yang belum diproses, yang sedang
diproses maupun yang sudah diproses.
4. Teknologi
Adalah
perangkat/alat yang digunakan untuk dapat menerima,menyimpan, mengolah,
menyajikan maupun untuk mengendalikan
seluruh kerja sistem.
5. Kontrol
Adalah
bagian yang berfungsi untuk mengendalikan kerja sistem terhadap
kesalahan, bencana, kendala-kendala bisa berupa kecurangan, ketidak efisien maupun
sabotase.
2.1.7 Pengertian Analisis Sistem
Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah
yang menguraikan bagian-bagian
komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen
tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka. Pada tahapan analisis
sistem, analis mempunyai tugasmen
definisikan
masalah sistem, melakukan studi kelayakan dan menganalisis kebutuhan
sistem yang akan dikembangkan.
Masalah
yang dipelajari analis sistem adalah masalah yang dihadapi pengguna.
2.1.8 Pengertian Pembelian
Pembelian
adalah (purchasing) akun yang digunakan untuk mencatat semua pembelian barang
dagang dalam suatu periode. Dari definisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa pembelian merupakan kegiatan yang dilakukan untuk pengadaan
barang yang dibutuhkan perusahaaan dalam menjalankan usahanya dimulai dari pemilihan
sumber sampai memperoleh barang.
Sistem pembelian barang terkait dengan
persediaan barang, karena setiap terjadi pembelian akan menambah jumlah
persediaan barang di gudang. Pelaksanaan mekanismen sistem tidak selalu sama,
hal ini dipengaruhi dari jenis perusahaan dan bergerak dalam bidang tertentu.
Beberapa yang harus diperhatikan dalam sistem pembelian, yaitu informasi yang
diperlukan oleh perusahaan khusunya manajemen, dokumen – dokumen yang
digunakan, bagian yang terkait, jaringan prosedur yang membentuk sistem
akuntansi pembelian serta sistem pengendalian internya. Jika suatu sistem
pembelian dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan, maka
pelaksanaan kerja pada bagian yang terkait akan tercapai sesuai dengan yang
diharapkan.
Tujuan
pembelian adalah :
1.
Membantu identifikasi
produk dan jasa yang dapat diperoleh secara eksternal.
2. Mengembangkan,
mengevaluasi, dan menentukan supplier, harga dan pengiriman yang terbaik
bagi barang dan jasa tersebut.
2.2 Peralatan Pendukung (Tools Systems)
Adapun
peralatan pendukung yang dimaksud untuk merancang model sistem yang baru pada
penulisan Laporan Tugas KKP ini adalah :
A. Diagram Alir Data (Data Flow Diagram)
1. Konsep
Dasar Diagram Alir Data
Diagram
Alir Data (Data Flow Diagram) adalah
suatu network yang menggambarkan suatu sistem automat / komputerisasi, manual
atau gabungan dari keduanya dalam susunan berbentuk komponen sistem yang saling
berhubungan sesuai dengan aturan mainnya.
2. Simbol-simbol
dalam Diagram Alir Data
a. External
Entity
Adalah simbol yang berbentuk bujur sangkar yang
digunakan untuk menggambarkan
asal/tujuan data. Merupakan lingkungan
sistem, berupa Departemen, Organisasi, sekelompok orang yang terlibat
dalam sistem. (diluar/didalam). Berikan label/nama di dalam entity tersebut.
b. Proses
Adalah simbol yang berbentuk lingkaran
yang digunakan untuk memproses pengolahan atau transformasi data. Kegiatan yang dilakukan oleh organisasi/perusahaan,
kelompok orang, mesin/komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam
proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.
c. Data
Flow
Digambarkan dengan anak panah yang
digunakan untuk menggambarkan aliran data yang berjalan. Mengalir diantara proses, data store dan external entity. Dapat berupa masukan untuk sistem atau keluaran
dari proses sistem. Selain menunjukan arah alir data, data flow ini perlu
diberikan nama sesuai dengan data atau informasi yang dimaksud.
d. Data
Store
Adalah simbol yang berbentuk persegi
panjang tidak sempurna, yang digunakan untuk pengarsipan atau penyimpanan data.
Data store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan serta komputerisasi,
contohnya pita magnetic, file disket, dan file hard disk. Data store ini juga
berkaitan dengan penyimpanan folder.
3. Aturan
Main dalam Diagram Alur Data
a. Tidak boleh menghubungkan antara
External Entity dengan External Entitysecara langsung.
b. Tidak boleh menghubungkan antara
Data Store dengan Data Store secara
langsung.
c. Tidak boleh menghubungkan antara
Data Store dengan External Entity secara langsung (atau
sebaliknya).
d. Setiap Proses harus ada Data Flow yang masuk dan ada Data Flow yang keluar.
4. Tahapan
Proses Pembuatan Diagram Alur Data
Langkah
– langkah dalam membuat Diagram Alur Data dibagi menjadi tiga tahap atau tiga
tingkat kontruksi data flow diagram yaitu sebagai berikut :
a. Buat
Diagram Konteks
Diagram
ini dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan data yang akan diproses atau
diagram yang menggambarkan sistem secara global dari keseluruhan sistem yang
ada.
b. Buat
Diagram Nol
Diagram
ini dibuat untuk menggambarkan tahap-tahap proses yang ada didalam Diagram
Konteks (penjabaran secara rinci).
c. Buat Diagram Detail
Diagram
ini dibuat untuk menggambarkan arus data
secara lebih detail lagi dari tahapan proses yang ada didalam diagram
nol.
5. Kamus
Data / Data Dictionary
Kamus data disebut juga dengan
istilah data dictionary adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan –
kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis.
Dengan kamus data sistem analisis
dapat mendefinisikan data yang mengalir pada sistem dengan lengkap juga dapat
menjelaskan lebih detail lagi tentang data flow diagram yang mencakup proses,
data flow dan data store.
Fungsi dari kamus data adalah
sebagai sebuah katalog yang menjelaskan lebih detail tentang DAD yang mencakup
proses, data flow dan data store. Selain
itu juga untuk menghindari penggunaan kata – kata yang sama, karena kamus data
disusun secara abjad.
Adapun kegunaan dari kamus data
adalah :
a. Memvalidasi
diagram alir data dalam hal kelengkapan dan keakuratan.
b. Menyediakan
suatu titik awal untuk mengembangkan layar dan laporan -laporan.
c. Menentukan
muatan data yang disimpan salam file -
file.
d. Mengembangkan
logika untuk proses – proses DAD
Isi
kamus data harus
mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang dicatat. Maka data harus
memuat hal -
hal sebagai berikut :
a. Nama
Arus Data
Karena
kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di data flow diagram, maka nama arus data juga harus dicatat
dikamus data, sehingga mereka yang membaca data flow diagram dan memerlukan
penjelasan lebih lanjut tentang suatu aras data tertentu di data flow diagram dapat langsung
mencarinya dengan mudah di kamus data.
b. Alias
Alias
atau nama lain dari data yang dituliskan larena data yang sama mempunyai nama
yang berbeda untuk orang atau departemen
yang satu dengan yang lainnya.
c. Tipe
Data atau Bentuk Data
Data
yang mengalir dari hasil suatu proses ke proses lainnya dalam bentuk dokumen
dasar atau formulir ,
dokumen hasil cetakan komputer , laporan terarah , tampilan layar monitor,
variable, parameter, dan field – field adalah bentuk data dari arus data yang
mengalir yang perlu dicatat di kamus data.
d. Arus
Data
Arus
data menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju. Keterangan
arus data ini perlu dicatat dikamus data supaya memudahkan mencari arus data
didalam data
flow diagram.
e. Penjelasan
Untuk
lebih menjelaskan lagi tentang makna dari arus data yang dicatat dikamus data,
maka bagian penjelasan dapat diisi dengan keterangan – keterangan tentang arus
data tersebut.
f. Periode
Periode
ini menunjukan kapan terjadinya arus data ini. Periode ini perlu dicatat
dikamus data karena dapat digunakan untuk mendefinisikan kapan input data harus
dimasukan kedalam sistem, kapan proses program harus dilakukan dan kapan
laporan – lapoan harus dihasilkan.
g. Volume
Volume
yang perlu dicatat dalam kamus data adalah tentang volume rata –rata dan volume
puncak darai kamus data. Volume rata – rata menunjukan banyaknya arus data yang
mengalir dalam satu periode tertentu, sedangkan volume puncak menunjukan volume
yang terbanyak.
h. Struktur
Data
Struktur
yang menunjukan arus data yang dicatat pada kamus data yang terdiri dari
item – item atau elemen – elemen data.
6. Notasi
Kamus Data
Notasi kamus data terbagi dalam dua bagian
yaitu Notasi Tipe Data dan Notasi Struktur Data.
a. Notasi
Tipe Data
Notasi tipe data adalah suatu
bentuk untuk mempersingkat arti atau
makna
dari simbol yang dijelaskan. Adapun bentuk notasi sebagai berikut :
Tabel
II.1 Notasi Tipe Data
Notasi
|
Keterangan
|
X
|
Setiap
karakter
|
9
|
Angka
numerik
|
A
|
Karakter
Alfabet
|
Z
|
Angka
nol tampilkan sebagai spasi kosong
|
.
|
Titik
sebagai penulisan ribuan
|
,
|
Koma
sebagai pemecahan pecahan
|
-
|
Hypen
sebagai tanda penghubung
|
/
|
Slash
sebagai tanda pembagi
|
b. Notasi
Struktur Data
Struktur
dari data terdiri dari elemen – elemen data yang disebut dengan item data,
sehingga secara prinsip struktur dari data ini dapat digambarkan dengan
menyebutkan nama dari item – item datanya. Juga masih diperlukan informasi
lainnya misalnya informasi
tentang apakah item data tersebut pasti ada atau hanya bersifat dapat ada dan
dapat tidak ada. Untuk menunjukan informasi – informasi tambahan ini di kamus
data dipergunakan notasi – notasi sebagai berikut :
Tabel II.2
Notasi Struktur Data
Notasi
|
Keterangan
|
=
|
Terdiri
dari
|
+
|
And
(dan)
|
( )
|
Pilihan
(Ya atau Tidak)
|
{ }
|
Iterasi
/ pengulangan proses
|
[ ]
|
Pilih
salah satu pilihan , pemisah pilihan didalam tanda [ ]
|
*
|
Keterangan
atau catatan
|
@
|
Petunjuk
(Key Field)
|
BAB III
ANALISA SISTEM
BERJALAN
3.1 Data Tentang Perusahaan
PT. Culina Garneta adalah sebuah
perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner dengan merek dagang The Cake
Storage.Terletak di dua wilayah yang strategis di Ibu kota Jakarta “Jl. KH.
Abdullah Syafe’i No. 45 A-B Tebet
Jakarta Selatan dan Jl.Gunawarman No. 57 Kebayoran Baru Jakarta Selatan”. Kombinasi
antara toko kue, roti dan restoran disajikan di The Cake Storage dengan
keanekaragaman cita rasa Eropa, Amerika, dan Asia.
The Cake Storage hadir dengan sejumlah karya kue unggulan seperti: Avocado Cheese Cake ,
Cappucino Cheese Cake, Mango Cheese Cake,
Durian Cheese Cake, Chocolate
Palmere. Dan menyajikan hidangan istimewa dengan menu-menu makanan unggulannya seperti;
Fried Mushroom, Spring Roll, Tom Yam Udon, Sop Buntut Goreng, Tuna Aglio Olio,
Barbeque Beef Ribs, Pizza alaItallian Style, Chicken Gordon Bleu, Fettucinni
Alfredo, Storage Roti Cane, Special
Storage Fried Rice, Lasagna, Macroni Schootle dan Pastel Tutup. Storage Angle Blue, Frozen Black Oreo, Green
Tea Smoothies dan The Tarik.Produk-produk unggulan tersebut di atas hanya dapat ditemukan di The Cake Storage.
Telp : 021-83701835 – 021-83702721
- The Cake Storage - Kebayoran -
Jl
3.2 Tinjauan
Perusahaaan
3.2.1 Sejarah Perusahaan
The Cake Storage membuka tokonya
pertama kali pada tanggal 30
Agustus 2008 yang lalu. The Cake Storage merupakan realisasi dari mimpi dan kegemaran abadi yang
akhirnya diwujudkan oleh Rini Martini Satyawirawan. Rini telah mulai memasak dan membuat kue lebih
dari 20 tahun yang lalu, dan seni membuat kue selalu menjadi kegemarannya yang
utama sejak lama. Pengetahuan kuliner semakin dikembangkan oleh Rini saat yang
bersangkutan menuntut ilmu di Washington, DC, America Serikat.
The Cake Storage juga merupakan realisasi dari perjalanan
hidup pemiliknya. Bersama dengan
sejumlah rekan dan chef dengan rekam jejak yang terbukti kehandalannya dalam
jumlah jam memasak, mereka akhirnya menciptakan The Cake Storage. Tim yang dimilikinya merupakan asset terbesar dan memiliki filosofi
untuk selalu melayani pelanggan hanya dengan produk kuliner yang bercita-rasa tinggi.
Dalam
10 tahun terakhir, Rini telah dikenal sebagai salah satu pembuat kue yang
terbaik di Jakarta. Produk buatannya yang unik juga dikenal
dengan rasanya yang benar-benar lezat, “truly
great taste”. Filosofi dari tagline perusahaan ”truly
great taste”, memiliki makna bahwa
The Cake Storage akan selalu memberikan produk dengan rasa yang luar biasa dan memastikan rasa luar biasa
tersebut adalah ‘nyata’ adanya. Tidak hanya tercantum dalam katalog, The Cake
Storage memastikan agar setiap pelanggan merasa puas dengan ‘rasa’ yang
disajikan, dan untuk itu, tim yang terlibat akan memastikan bahwa semua proses
berdasarkan prosedur operasi standar yang mereka miliki.
VISI The Cake Storage
“Dikenal sebagai branch mark-nya
toko kue lokal yang menyediakan kualitas standar internasional baik untuk produk
kue dengan cita-rasa internasional maupun tradisional Indonesia.” Sebagai tambahan, juga dikenal sebagai resto
pilihan yang juga menyediakan aneka menu dengan cita-rasa Eropa, Barat dan
Asia.
MISI The Cake Storage
“Untuk
menjadi pemimpin dalam bisnis aneka kue dan penganan kecil, sekaligus menjadi
resto pilihan di Indonesia dan hadir di banyak kota besar di Indonesia pada
tahun 2013 mendatang”.
3.2.2 Struktur Organisasi dan Fungsi
Gambar III.1
Struktur Organisasi PT.Culina Garneta
Fungsi dari masing-masing bagian
yang ada dalam PT. Culina Garneta adalah sebagai berikut :
1.
Direktur
Memimpin perusahaan dengan
menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan. Memilih, menetapkan, mengawasi
tugas dari karyawan dan kepala bagian (manager) dan menyampaikan laporan
kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan.
2. Manager
F & A
Menyusun
Laporan Laba Rugi perusahaan setiap akhir periode yang akan diserahkan kepada
Direktur. Mengatur penggajian para pegawai.
3. Purchasing
Mencari supllier, membuka PO, dan
memberikan laporan akhir order pembelian kepada Manager F & A.
4. Admin
Accounting Payable
Melakukan
pembayaran langsung kepada supllier dan memberikan laporan langsung kepada
Manager F & A.
5. Admin
Accounting Receivable
Membuat invoice untuk operasional,
melakukan penagihan langsung kepada konsumen dan memberikan laporan langsung ke
Manager F & A.
6. Cost
Control
Melakukan perhitungan biaya-biaya produk yang akan dibuat.
7. Store
Keeper
Mengatur barang – barang yang akan
diperlukan oleh setiap divisi, mengecek stock barang dan barang masuk, dan
memberikan laporan kepada Purchasing.
8. Order
Taker
Menerima
order melalui telepon, mempersiapkan order delivery dan memberikan laporan
kepada Admin Accounting Receivable.
9. Koordinator
Delivery
Mengatur jadwal pengiriman barang
dan memberikan laporan kepada Order Taker.
10. Delivery
Bagian yang mengantarkan pengiriman
barang kepada konsumen.
11. Manager
Operasional
Bertanggung jawab kepada Direktur atas
kondisi setiap Perusahaan.
12. RD
& GA
Bertanggung jawab kepada Direktur dalam merekrut,
memberikan
pengarahan, pengawasan dan
pengadaan karyawan baru.
13. Assistant
Manager
14. Supervisor
Bertanggung
jawab kepada Assistant Manager atas kinerja perusahaan yang dibawahinya.
15. Captain
Bertanggung
jawab mengatur jadwal shift karyawan pada bagian restoran.
16. Barista
Bertugas membuat minuman untuk konsumen.
17. Server
Memberikan pelayanan kepada konsumen.
18. Kasir
Bagian transaksi pembayaran.
19. Security
Bertugas menjaga keamanan lingkungan
sekitar perusahaan.
20. Head
pastry
Bertugas
mengatur jadwal masuk pada bagian kue
dan bakery, sebagai tester resep-resep baru sebelum dipasarkan, dan menciptakan
resep-resep baru.
21. Chef
de’ Partie
Bertanggung jawab kepada head pastry
atas produk kue yang dibuat.
22. Demi
Chef, Commis I, Commis II, Commis III
Membuat produk kue dalam perusahaan.
23. Cook
Helper
Membantu dalam proses pembuatan produk kue.
24. Head
Bakery
Bertanggung jawab kepada head pastry
atas produk roti yang dibuat.
25. Commis
I dan Commis II
Membuat produk roti dalam perusahaan.
26. Sous
Chef
Bertugas mengatur jadwal masuk pada bagian restoran, sebagai
tester resep-resep baru sebelum dipasarkan, dan menciptakan resep-resep baru.
27. Chef
de’ Partie
Bertanggung jawab kepada head pastry
atas produk restoran yang dibuat.
28. Demi
Chef, Commis I, Commis III
Membuat produk restoran dalam
perusahaan.
29. Cook
Helper
Membantu dalam proses pembuatan produk
restoran.
30. Steward
Bertugas mencuci piring.
31. Manager
Marketing
Bertanggung jawab kepada Direktur atas Laporan Pemasaran.
32. Marketing
Mancari
konsumen dam memasarkan produk perusahaan dengan mendatangi setiap konsumen.
33. Telemarketing
Mancari konsumen dam memasarkan
produk perusahaan melalui telepon.
3.3 Prosedur SistemBerjalan
3.3.1 Prosedur Order Pembelian
Apabila persediaan di gudang tidak
mencukupi permintaan pelanggan, Bagian Gudang membuat Surat Permintaan
Pembelian dua
rangkap, rangkap satu diberikan kepada Bagian Purchasing dan rangkap dua
diarsipkan. Kemudian Bagian Purchasing memproses permintaan pembelian tersebut
dan membuat Purchase Order
tiga
rangkap, rangkap satu dikirim ke supplier, rangkap kedua diserahkan kepada
Bagian Gudang sebagai dokumen dasar penerimaan barang dan rangkap ketiga disimpan sebagai arsip.
3.3.2
Prosedur Penerimaan
Barang
Supplier datang
mengirim Barang, Surat Jalan dan Faktur yang diterima
langsung oleh Bagian Gudang. Bagian Gudang lalu mencatatkan barang masuk
kedalam arsip kartu stock. Kemudian Bagian Gudang membuat Laporan Penerimaan Barang rangkap dua,
rangkap satu diserahkan ke Bagian Purchasing bersama Surat Jalan dan Faktur
dari Supplier untuk di acc dan rangkap dua diarsipkan . Setelah di acc oleh
Bagian Purchasing Laporan Penerimaan Barang, Surat Jalan dan Faktur lalu
diserahkan kepada bagian Admin Accounting Payable, kemudian Admin Accounting Payable mencatatnya
sebagai data hutang dan disimpan dalam arsip buku hutang sampai pembayaran
dilakukan.
3.3.3
Prosedur Pembayaran
Utang
Pada saat hutang
jatuh tempo Bagian Admin Accounting Payable melakukan pembayaran kepada Supplier
berdasarkan arsip buku hutang dengan system
pembayaran tunai, transfer, cek ataupun giro. Jika
pembayaran sudah dilakukan Supplier akan menyerahkan Kwitansi tanda pembayaran. Data-data utang yang
sudah dibayar disimpan sebagai arsip oleh Bagian Admin Accounting Payable.
3.3.4
Prosedur Pembuatan
Laporan
Setiap
akhir periode Bagian Purchasing
membuat
Laporan berdasarkan Arsip kartu stock
dan data pembelian. Bagian
Admin Acconting Payable membuat Laporan berdasarkan data hutang dan bukti
pembayaran.Kedua Laporan tersebut diberikan kepada Manajer F & A untuk proses evaluasi pembelian bahan baku
selama satu bulan.
3.3 Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan
3.3.1 Diagram Konteks
Keterangan :
SPP : Surat Permintaan
Pembelian
PO : Purchase Order
LPB : Laporan Penerimaan
Barang
SJ : Surat
Jalan
BKS : Bukti Setor
Gambar III.2 Diagram Konteks Sistem
Berjalan
3.3.2
Diagram Nol
|
Gambar III.3 Diagram Nol Sistem
Berjalan
Gambar
III.5
Diagram Detail 2.0 Sistem Berjalan
3.6
Kamus Data Sistem Berjalan
Adapun kamus data sistem berjalan pada sistem penjualan PT. Culina
Garneta ( The Cake Storage ) adalah sebagai berikut :
1.
Kamus
Data Dokumen Masukan
a. Nama
Arus Data : Surat Jalan
Alias :
SJ
Bentuk
Data :
Cetakan Manual
Arus
Data :
Supplier - Proses 2.0
Proses 2.0 - Bagian
Gudang
Bagian Gudang - Proses
2.0
Proses 2.0 – Bagian
Purchasing
Bagian Purchasing –
Proses 2.0
Proses 2.0 – Admin
Accounting Payable
Admin Accounting
Payable – Proses 2.0
Proses 2.0 – Arsip Buku
Hutang
Penjelasan :
Untuk melakukan pengiriman barang
Periode
:
Setiap ada pemesanan barang
Volume :
Rata-rata perhari 5 pesanan pembelian
Struktur
Data :
Header + Isi + Footer
Header :
Logo_Supplier + Nama_Supplier +
Alamat_Supplier +Tlp_Supplier +
Judul_Dokumen + Tgl_SJ + @No_SJ +
Tagihan_ke + Kirim_ke + No_PO + Pengirim +
Attention
Keterangan : Logo_Supplier*terdiri dari 1 gambar*
Nama_Supplier*terdiri
dari 20 karakter*
Alamat_Supplier*terdiri dari 30 karakter*
Tlp_Supplier*terdiri dari 12 digit*
Judul_Dokumen*terdiri
dari 10 karakter*
Tgl_SJ=Tgl+Bln+Thn
Tgl*terdiri dari 2 digit*
Bln*terdiri dari 2
digit*
Thn*terdiri
dari 4 digit*
@No_SJ*terdiri dari 10 digit*
Tagihan_ke*terdiri dari 40
karakter*
Kirim_ke*terdiri dari 40 karakter*
No_PO*terdiri dari 10 digit*
Pengirim*terdiri dari 10 karakter*
Attention*terdiri dari 10 karakter*
Isi
:
1{Kode_barang + Deskripsi_barang+Banyaknya +
Keterangan }10
Keterangan :
Kode_barang*terdiri dari 6 karakter dan 5 digit*
Deskripsi_barang*terdiri dari 15 karakter*
Banyaknya*terdiri dari 3 digit*
Keterangan*terdiri dari 30 karakter*
Footer :
Disiapkan_oleh + Disetujui_oleh +
Diantar_oleh+ Diterima_oleh
Keterangan : Disiapkan_oleh
= Tanda Tangan
Disetujui_oleh
=Tanda Tangan
Diantar_oleh = Tanda Tangan
Diterima_oleh
= Tanda Tangan
c. Nama Arus Data : Kwitansi
Alias : KW
Bentuk
Data : Cetakan Manual
Arus
Data : Supplier -
Proses 3.0
Proses 3.0 –Admin Accounting Payable
Admin Accounting Payable-
Proses 3.0
Proses 3.0 – Arsip Pembayaran
Penjelasan :
Untuk bukti pembayaran
Periode :
Setiap pembayaran dilakukan
Volume :
Rata-rata perhari 5 pesanan pembelian
Struktur
Data :
Header + Isi + Footer
Header :
Logo_Supplier + Nama_Supplier+Judul_Dokumen
Keterangan : Logo_Supplier*terdiri dari 1 gambar*
Nama_Supplier*terdiri
dari 20 karakter*
Judul_Dokumen*terdiri dari 8 karakter*
Isi :
1{Telah_terima_dari
+ Banyaknya_uang+
Untuk_pembayaran}4
Keterangan :
Telah_terima_dari*terdiri
dari 15 karakter*
Banyaknya_uang*terdiri dari 30 karakter*
Untuk_pembayaran*terdiri dari 15 digit*
Footer :
Tempat + Tgl_kwitansi + Tanda_tangan + Jumlah
+ Note
Keterangan : Tempat*terdiri dari 10 karakter*
Tgl_kwitansi=Tgl+Bln+Thn
Tgl*terdiri dari 2
digit*
Bln*terdiri dari 2
digit*
Thn*terdiri dari 4
digit*
Tanda_tangan
= Tanda Tangan
Note*terdiri dari 20 karakter
2.
Kamus
Data Dokumen Keluaran
a. Nama
Arus Data : Purchase Order
Alias : PO
Bentuk Data : Cetakan Manual
Arus Data : Bagian Purchasing - Proses
1.0
Proses 1.0 - Supplier
Proses 1.0 - Bagian
Gudang
Proses 1.0 – Arsip PO
Penjelasan :
Untuk Pesanan Pembelian Bahan Baku
Periode : Setiap stok digudang
habis
Volume : Rata-rata perhari 5
pesanan pembelian
Struktur Data : Header + Isi + Footer
Header : Nama_Perusahaan +
Alamat_Perusahaan +
Tlp_Perusahaan +
Judul_Dokumen +
Nama_supplier+ Tlp_Supplier+@No_PO+Tgl_PO
Keterangan :Nama_Perusahaan*terdiri dari 20 karakter*
Alamat_Perusahaan*terdiri
dari 50 karakter*
Tlp_Perusahaan*terdiri dari 12 digit*
Judul_Dokumen*terdiri dari 15 karakter*
Nama_Supllier*terdiri dari 10 karakter*
Tlp_Supllier*terdiri dari 12 digit*
@No_PO*terdiri dari 15 digit*
Tgl_PO=Tgl+Bln+Thn
Tgl*terdiri dari 2
digit*
Bln*terdiri dari 2
digit*
Thn*terdiri dari 4
digit*
Isi
: 1{Ship_via_land + Delivery_date + Supplier_id +
Term_30hari + Item_no + Description + Qty +
Unit_Price + Amount + Remark + Total_Amount+
Freight + Sales_tax10% + Less_deposit +
Balance_
due}25
Keterangan :
Ship_via_land*terdiri dari 20
karakter*
Delivery_date=Tgl+Bln+Thn
Tgl*terdiri dari 2
digit*
Bln*terdiri dari 2
digit*
Thn*terdiri dari 4
digit*
Supplier_id*terdiri dari 20 karakter*
Term_30hari=Tgl+Bln+Thn
Tgl*terdiri dari 2
digit*
Bln*terdiri dari 2
digit*
Thn*terdiri dari 4
digit*
Item_no*terdiri
dari 2 digit*
Description*terdiri dari 20 karakter*
Qty*terdiri dari 5 digit*
Unit_Price*terdiri
dari 10 digit*
Amount*terdiri dari 10 digit*
Remark*terdiri dari 20 karakter*
Total_Amount*terdiri
dari 10 digit*
Freight*terdiri dari 10 digit*
Sales_tax
10%*terdiri dari 10 digit
Less_deposit*terdiri
dari 10 digit*
Balance_due*terdiri dari 10 digit*
Footer :
RequestBy_Purchasing + CheckBy_Finance +
ApprovedBy_Director + Note
RequestBy_Purchasing =
Tanda Tangan
CheckBy_Finance =Tanda
Tangan
ApprovedBy_Director =
Tanda Tangan
Note*terdiri dari 50
karakter*
3.6. Spesifikasi Sistem Berjalan
Spesifikasi merupakan rangkaian yang terdiri dari
dokumen masukan (Input) dan dokumen keluaran (Output) yang semuanya teratur dan
dipakai pada system berjalan.
3.6.1.
Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
Dokumen masukan merupakan proses
awal dari kegiatan pengiriman barang pada PT. Culina Garneta ( The Cake Storage
). Adapun bentuk dokumen
2. Nama dokumen : Faktur
Fungsi : Untuk penagihan ke
customer
Sumber :
Supplier
Tujuan : Bagian Purchasing
Media : Kertas cetakan
Jumlah : Tiga lembar
Frekuensi : Setiap transaksi pemesanan
barang
Bentuk : LihatLampiran III.B
3. Nama dokumen : Kwitansi
Fungsi : Untuk bukti pembayaran
Sumber : Supplier
Tujuan : Bagian Accounting
Media : Kertas cetakan
Jumlah : Dua lembar
Frekuensi : Setiap transaksi pembelian
barang baku
Bentuk : LihatLampiran III.C
3.6.2 Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
Dokumen keluaran yang digunakan pada
sistem berjalan adalah :
2. Nama dokumen : Bukti Setoran (BKS)
Fungsi : Melakukan pembayaran utang
Sumber :
Perusahaan
Tujuan : Bagian Accounting
Media : Kertas cetakan
Jumlah :
Tiga lembar
Frekuensi :
Setiap transaksi pembayaran dilakukan
Bentuk : Lihat Lampiran III.E
3.7 Permasalahan
Berdasarkan riset penulis dalam
sistem pembelian bahan baku yang berjalan serta identifikasi dokumen yang ada pada
PT. Culina Garneta, penulis menemukan beberapa permasalahan yaitu dalam pencatatan
dilakukan secara manual yaitu berupa pencatatan pembukuan transaksi biasa yang
dicatat dalam buku transaksi jurnal. Dalam proses pencatatan manual ini sering terjadi
kesalahan dalam perhitungan pencatatan transaksi data sehingga harus dilakukan pengulangan
dan menghambat proses kerja, khususnya dalam pembuatan laporan keuangan. Sehingga
mengakibatkan kurang efisiennya waktu dalam pembuatan laporan keuangan persediaan
bahan baku dan manfaat yang
diperoleh dari sistem yang sedang berjalan kurang memuaskan.
3.8 Alternatif Pemecahan Masalah
Untuk mengatasi permasalahan
tersebut penulis susulkan Perusahaan memindahkan sistem manual ke sistem komputerisasi.
Dengan sistem usulan ini penulis diharapkan segala pekerjaan khususnya yang
berkaitan dengan sistem pembelian, pemakaian stock barang dan pembuatan laporan
bisa dilakukan secara cepat dan dapat terkontol dengan baik. Memperkecil resiko
kesalahan data, pemasukan data serta laporan data. Sehingga setiap karyawan dapat
bekerja dengan efisiensi.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pengumpulan data yang telah penulis lakukan,
maka penulis dapat mengambil kesimpulan sistem pembelian bahan baku yang dijalankan
PT.Culina Garneta masih memiliki beberapa kelemahan yaitu:
a. Pada bagian gudang kurang
memanfaatkan sistem yang ada dikarenakan pembuatan formulir permintaan pembelian
masih dilakukan secara manual.
b. Tidak dimanfaatkannya
kartu gudang secara baik, terbukti adanya ketidak cocokan antara kartu gudang dengan
file induk bahan.
c. Bagian pembelian tidak
membuat Surat Permintaan Penawaran Harga, PT. Culina Garneta langsung memilih
supplier yang ditentukan oleh bagian pembelian.
d. Sumber daya manusia
yang kurang memiliki kualifikasi sehingga sistem dalam perusahaan kurang bejalan
dengan baik.
4.2 Saran
Sebagai dari akhir penulisan
kuliah kerja praktek ini, kami akan memberikan saran-saran sebagai berikut :
1.
Cara efektif
yang dapat diambil untuk mengatasi semua permasalahan tersebut hanya dengan mengganti
cara penginputan dan pencarian data pembeliannya yang masih manual dengan menggunakan
sistem komputerisasi.
2. Untuk Karyawan/Karyawati PT. Culina Garneta perlunya kedisplinan
yang ditingkatkan agar tidak terjadi keteledoran dalam menginput atau mengoutput
data pembelian, sehingga tidak terjadi selisih dalam pengadaan barang.
DAFTAR PUSTAKA
Ladjamudin, Al Bahra bin.2008 Konsep Sistem Informasi.Jakarta:STMIK
Muhammadiyah Jakarta
Jogiyanto, HM,2005.Analisa dan Disain Sistem Informasi Terstruktur. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Romney, Marshall B.2006. Sistem Informasi Management. Edisi Ke–9.
Buku 1.
Jakarta : Salemba Empat
Whitten,Jeffery L.2006. Metode Desain Dan Analisis Sistem. Edisi Ke-6
Yogyakarta: Andi